Upaya mengembangkan metode pendidikan agama Islam, ada beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan, agar program yang dihasilkan dapat memenuhi tujuan yang diharapkan. Salah satu prinsip dasar tersebut adalah prinsip relevansi.
Secara umum istilah relevansi pendidikan dapat diartikan sebagai kesesuaian atau keselarasan pendidikan dengan faktor-faktor pendidikan agama. Pendidikan dipandang relevan apabila hasil yang diperoleh daarip endidikan tersebut berguna atau fungsional bagi kehidupan. Relevansi pendidikan agama sekurang-kurangnya dapat ditinjau dari empat segi:
1. Relevansi dengan agama Islam
Dalam menetapkan bahan hendaknya diperlihatkan benar-benar apakah isi pengajaran itu sesuai dengan ajaran Islam.
2. Relevansi dengan perkembangan kehidupan
Perkembangan kehidupan di sini adalah masa sekarang dan masa yang akan datang. Suatu cara yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di masa lampau sudah mulai ditinggalkan orang pada masa sekarang. Atau mungkin pula terdapat hal-hal yang sama sekali baru dan mengundang berbagai pertanyaan dari segi agama serta mempunyai dampak sosial yang jauh di masa mendatang.
3. Relevansi dengan lingkungan hidup anak didik
Dalam menetapkan bahan pengajaran hendaknya diperlihatkan sejauh mana bahan tersebut sesuai dengan kehidupan nyata yang ada disekitar anak didik.
4. Relevansi dengan tuntutan dunia kerja
Pengalaman belajar agama hendaknya dapat memecahkan beraneka problem kehidupan beragama yang akan dialami siswa setelah menamatkan sekolah/madrasah dengan menerjuni berbagai ragam lapangan kerja.
Tidak ada komentar:
Write komentar