Jumat, 11 November 2016

Relevansi Metode dalam Pembelajaran PAI

Upaya mengembangkan metode pendidikan agama Islam, ada beberapa prinsip ‎dasar yang harus diperhatikan, agar program yang dihasilkan dapat memenuhi ‎tujuan yang diharapkan. Salah satu prinsip dasar tersebut adalah prinsip relevansi. ‎

Secara umum istilah relevansi pendidikan dapat diartikan sebagai kesesuaian ‎atau keselarasan pendidikan dengan faktor-faktor pendidikan agama. Pendidikan ‎dipandang relevan apabila hasil yang diperoleh daarip endidikan tersebut berguna ‎atau fungsional bagi kehidupan. Relevansi pendidikan agama sekurang-kurangnya ‎dapat ditinjau dari empat segi:‎

‎1.‎ Relevansi dengan agama Islam
Dalam menetapkan bahan hendaknya diperlihatkan benar-benar apakah isi ‎pengajaran itu sesuai dengan ajaran Islam.‎

‎2.‎ Relevansi dengan perkembangan kehidupan
Perkembangan kehidupan di sini adalah masa sekarang dan masa yang ‎akan datang. Suatu cara yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di ‎masa lampau sudah mulai ditinggalkan orang pada masa sekarang. Atau ‎mungkin pula terdapat hal-hal yang sama sekali baru dan mengundang ‎berbagai pertanyaan dari segi agama serta mempunyai dampak sosial yang jauh ‎di masa mendatang.‎

‎3.‎ Relevansi dengan lingkungan hidup anak didik
Dalam menetapkan bahan pengajaran hendaknya diperlihatkan sejauh ‎mana bahan tersebut sesuai dengan kehidupan nyata yang ada disekitar anak ‎didik.‎

‎4.‎ Relevansi dengan tuntutan dunia kerja
Pengalaman belajar agama hendaknya dapat memecahkan beraneka ‎problem kehidupan beragama yang akan dialami siswa setelah menamatkan ‎sekolah/madrasah dengan menerjuni berbagai ragam lapangan kerja.‎

Tidak ada komentar:
Write komentar