Sabtu, 17 Mei 2014

Pengertian dan Fungsi Ilmu Kalam

Toto Si Mandja - Pengertian dan Fungsi Ilmu Kalam

Pengertian Ilmu Kalam
1. Imam Al-Ghazali
Ilmu yang tujuannya untuk menjaga kemurnian akidah Ahlusunah dan memeliharanya dari dorongan Ahlulbid'ah.

2. Al-Farabi
Ilmu yang membahas zat dan sifat Allah beserta eksistensi semua yang berhubungan dengan masalah dunia sampai sesudah mati berdasarkan doktrin akhir. Sedangkan tujuan akhirnya adalah memeroduksi ilmu ketuhanan secara filosofis.


3. Ibnu Khaldun
Ilmu yang mengandung berbagai argumentasi tentang akidah imaniah yang diperkuat dengan dalil-dalil rasional (aqliyah). Tujuannya adalah menolak Ahlulbid'ah yang secara i'tiqadiyah menyimpang dari akidah ulama salaf dan Ahlusunah.

4. Syekh Muhammad Abduh
Ilmu yang membahas tentang wujud Allah, tentang sifat-sifat wajib bagi-Nya, sifat jaiz dan tentang sifat-sifat yang mustahil ada pada-Nya. Juga membahas tentang Rasulullah untuk menetapkan kebenaran risalahnya, apa yang wajib ada padanya. Hal-hal yang jaiz dihubungkan pada diri mereka, dan hal-hal yang terlarang dihubungkan pada diri mereka.

Fungsi Ilmu Kalam
1. menjaga kemurnian dasar-dasar agama dan memberikan dasar-dasar argumentasi yang kuat dihadapan para penentangnya.

2. Memberikan arahan dan petunjuk kepada orang-orang yang membutuhkan nasihat, khususnya ketika Islam bersinggungan dengan teologi agama lain dalam masyarakat yang heterogen.

3. Menopang dan menguatkan sistem nilai ajaran Islam yang terdiri atas 3 pilar, yaitu: iman sebagai landasan akidah, Islam sebagai menifestasi syariat, ibadah dan muamalah serta ihsan sebagai aktualisasi akhlak.

4. Menjadi pijakan bagi ilmu-ilmu syariat.

5. Menjaga kesucian niat dan keyakinan yang merupakan dasara dalam perbuatan untuk mencapai kebahagiaan dunia akhirat.

Tidak ada komentar:
Write komentar