Selasa, 02 Juli 2013

Sistematika Berpikir Filsafat Menurut Buku Filsafat Pendidikan Karangan Muhmidayeli

Toto Si Mandja - Sistematika Berpikir Filsafat Menurut Buku Filsafat Pendidikan Karangan Muhmidayeli

Berpikir secara sederhana adalah upaya yang dilakukan seseorang dalam menghubungkan berbagai fakta dalam keseluruhan realitas, baik dalam bentuk ide, konsep, ataupun berbagai pengalaman inderawi kita, sehingga muncul gagasan, pikiran atau ide yang jelas tentang suatu persoalan. Bagaimana berpikir dapat menghantarkan kita pada suatu titik yang akan menjadi pengetahuan kita? Bagaimana kita dapat meyakini yang benar atau keliru? Prosedur apa yang dapat kita tempuh agar kita dapat membangun pemikiran yang benar-benar dapat meyakinkan kita?

Kita selalu berkata bahwa saya telah memikirkan sesuatu. Ungkapan ini selalu pula dikaitkan dengan aktivitas, bahwa kita sedang membayangkan sesuatu; saya tengah mengingat-ingat sewaktu peristiwa yang pernah hadir dalam kesadaran saya; saya sedang mengklasifikasikan hal-hal apa saja yang telh terbangun dalam wilayah kesadaran tersebut, sehingga terwujudlah suatu pandangan yang dapat meyakinkan kita.

Pandangan ini tidaklah salah, karena memang dalam setiap proses berpikir, manusia senantiasa melibatkan upaya pembuatan relasi antara konsep atau ide yang satu dengan yang lain secara sistematis yang secara niscaya mesti mengingat-ingat setiap konsep atau ide yang pernah singgah dalam dunia kesadaran kita, mengklasifikasi dan mencoba menguraikannya secara mendalam dan terarah menuju pembuatan suatu kesimpulan atau keputusan.

Logika adalah tata cara yang digunakan untuk berpikir tepat, karena memang di dalamnya tertuang kaidah-kaidah yang dapat dipenuhi untuk melahirkan pemikiran yang tepat. Sebagai ilmu dalam menalar, logika mempunyai dua bentuk, yaitu logika formal dan material.

Tidak ada komentar:
Write komentar