Selasa, 02 Juli 2013

Objek dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan dalam Buku Filsafat Pendidikan Karangan Muhmidayeli

Toto Si Mandja - Objek dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan dalam Buku Filsafat Pendidikan Karangan Muhmidayeli

Sebagai cabang filsafat, maka kajian dalam bidang filsafat pendidikan mencakup berbagai aspek yang juga menjadi karakteristik kajian filsafat yang pada umumnya yang meliputi semua realitas yang wujud ataupun yang mumkin al-wujud. Hanya saja, dalam konteks filsafat pendidikan lebih menekankan pada upaya perenungan dan perefleksian realitas-realitas yang terdapat di dalam kancah dunia kependidikan. Sedemikian rupa, sehingga dengan perenungan yang utuh dan terpadu dapat ditemukan kebenaran-kebenaran dan kebijakan-kebijakan yang berguna bagi kemajuan dunia kependidikan itu sendiri. Realitas kependidikan terkait dengan upaya-upaya sistematis dan terprogram untuk menjadikan subjek-subjek didiknya menjadi manusia-manusia idaman sebagaimana yang diinginkan. Spirit pendidikan di sini berada pada aktivitas pembelajaran. 

Kondisi ini meniscayakan filsfat pendidikan mesti berbicara persoalan pendidikan dan anak didik. Oleh karena itu, filsafat pendidikan pun tentu juga akan mengosentrasikan dirinya menganaisis berbagai kemungkinan langkah yang dapat ditempuh oleh semuja subjek yang terkait agar segala yang diupayakannya benar-benar efektif dan efisien untuk merealisasikan tujuan-tujuan yang diinginkan. Tendensi ini pun dapat dilakukan dengan fokus model pembahasan dalam konteks berpikir metafisika, epistemologis maupun wilayah aksiologis, baik dengan menggunakan filsafat kritis, analitis ataupun perspektif.

Berdasarkan itu semua, maka realitas-realitas kependidikan yang menjadi objek kajian filsafat pendidikan antara lain menyangkut hal-hal yang berkenaan dengan:
1.     Hakikat manusia ideal sebagai acuan pokok bagi pengembangan dan penyempurnaan.
2.    Pendidikan dan nilai-nilai yang dianut sebagai landasan berpikir dan berbuat dalam tatanan hidup suatu masyarakat.
3.      Hakikat tujuan kependidikan sebagai arah bangun pengembangan pola dunia pendidikan.
4.  Hakikat pendidik dan anak didik sebagai subjek-subjek yang terlihat langsung dalam pelaksanaan proses edukasi.
5.      Hakikat pengetahuan dan nilai sebagai aspek penting yang dikembangkan dalam aktivitas pendidikan.

Tidak ada komentar:
Write komentar