Selasa, 02 Juli 2013

Fungsi / Kegunaan Filsafat Pendidikan dalam Buku Filsafat Pendidikan Karangan Muhmidayeli

Toto Si Mandja - Fungsi / Kegunaan Filsafat Pendidikan dalam Buku Filsafat Pendidikan Karangan Muhmidayeli

Pendidikan sangat terkait dengan aktivitas mulia manusia yang tugas utamanya adalah membantu pengembangan humanitas manusia untuk menjadi manusia yang berkepribadian mulia dan utama menurut karakteristik idealitas manusia yang diinginkan. Hal ini sangat diperlukan mengingat menusia memiliki potensi-potensi dalam taraf kodrat human dignity (martabat manusia) yang memiliki kesadaran diri yang mendorongnya untuk merealisasikan berbagai potensinya, sehingga berkembang dengan baik menjadi self realization (realisasi diri) yang akan menentukan bagi hidup dan kehidupannya secara individu maupun sosial kemasyarakatan.

Kualitas suatu masyarakatmemiliki hubungan strategis dengan kualitas dunia pendidikan, utamanya pendidikan persekolahan, karena didalamnya ada upaya yang sungguh-sungguh tentang kependidikan untuk mempersiapkan generasi yang terampil dan memiliki ilmu pengetahuan dengan dilandasi pada iman dan takwa epada Tuhan Yang Maha Esa dalam konteksnya yang luas.

Paling tidak ada beberapa alasan kenapa kualitas masyarakat memiliki relevansi dengan pendidikan sekolah. Pertama bahwa sekolah memiliki kecenderungan untuk pengupayaan perubahan-perubahan tingkah laku yang merupakan cerminan dari setiap individu yang bernaung dalam suatu masyarakat. Selain itu, pendidikan sekolah dapat dilihat sebagai pengupayaan manusia sejatinya yang disengaja, terarah, dan teertata sedemikian rupa menuju pembentukan manusia-manusia yang ideal bagi kehidupannya.

Pendidikan sekolah tidak lain adalah segala pengupayaan yang dilakukan secara sadar dan terarah untuk menjadikan manusia sebagai manusia yang baik dan ideal. Artinya, sekolah merupakan penyediaan kondisi yang baik untuk manjadikan perilaku-perilaku potensial yang dianugerahkan kepada manusia tidak lagi sebatas kecenderungan manusiawi an sich, tetapi benar-benar aktual dalam realita kehidupannya. Jika demikian, pendidikan sekolah adalah suatu kemestian bagi percepatan kemajuan dalam suatu masyarakat.

Jadi, filsafat pendidikan sebagai suatu upaya berpikir logis, kritis, radikal, sistematis, metodis, utuh dan menyeluruh tentang persoalan-persoalan yang berkenaan dengan permasalahan pendidikan dan aspek-aspek penting yang terkait dengannya. Sedemikian rupa sehingga berbagai upaya edukasi yang dilakukan dengan gerak proses pendidikan benar-benar berdaya guna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan dan atau sasaran-sasaran yang telah dirumuskan. Upaya filsafat pendidikan merupakan sesuatu yang tidak dapat dilepaskan dari keseluruhan proses kependidikan, baik dalam pencarian orientasi, aplikasi maupun evaluasi dan pengembangan. Pendidikan dan filsafat pendidikan merupakan dua mata uang yang menyatu dalam satu unit yang mengikat.

Tidak ada komentar:
Write komentar