Minggu, 30 Juni 2013

Berpalinglah dari Orang-orang Bodoh

Toto Si Mandja - Berpalinglah dari Orang-orang Bodoh

Orang yang berakal dan cerdas hendaknya tidak terpengaruh oleh orang-orang bodoh dan tidak menanggapi ucapannya. Allah berfirman, "Maafkanlah, perintahkanlah  kepada kebaikan dan berpalinglah dari orang-orang bodoh". (QS. Al-A'raf: 199).

Allah berfirman, "Jika orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kebodohannya), mereka berkata, 'selamat'". (QS. Al-Furqan: 63). Dari Abu Hurairah r.a., "Seorang Arab Badui kencing di masjid, kemudian masyarakat menangkapnya dan Rasulullah berkata kepada mereka, "Biarkan dia dan siramlah bekas kencingnya dengan seember air. Sesungguhnya kalian diutus untuk menjadi orang-orang yang mempermudah, bukan orang-orang yang mempersulit". (HR. Bukhari).

Dari Anas ibn Malik r.a. "Rasulullah SAW melihat seorang badui kencing di masjid dan beliau berkata, "Biarkan dia! Ketika orang itu selesai dari kencingnya, beliau meminta seember air dan menyiram kencing itu".

Ibnu Hajjar berkata, "Dalam hadits ini terdapat ajaran sikap lembut terhadap orang yang bodoh dan mengajarkan kepadanya tentang apa yang seharusnya dia lakukan, tanpa kekerasan. Itu jika dia tidakmenentang. Apalagi terhadap orang yang memang perlu diperlakukan dengan lemah lembut. Hadits ini juga menunjukkan keramahan Rasulullah dan kebaikan akhlak beliau".



Musthafa Al-'Adawy, Syaikh. 2011. Akhlak Pendidikan Anak. Jakarta: Qisthi Press.

Tidak ada komentar:
Write komentar